Sambal bajak




Sambal bajak, menurut saya banyak versinya. Ada yang bilang tanpa terasi ada yang memakai terasi. Kalau saya suka terasi.

Sambal ini menurut saya sangat versatile, atau serbaguna. Buat cocolan ayam goreng pas....buat lalaban...pas...buat lauk juga pas.
Jangan salah, makan nasi dengan sambal tok itu sedap lo apalagi ditambah kerupuk kampung mevvah banget.

Untuk masakan dan sambal, saya tidak menyertakan ukuran karena menurut saya itu selera. Mau pedas, manis, asin, atau asam yang kuat itu sesuai selera masing masing. Sambal ini juga sangat mudah kok bikinnya. Kalau di masak sampai tanak simpan di wadah bersih dan tertutup. Menyendok dengan sendok bersih dan kering...tahan 6 bulan di kulkas. Tanpa pengawet lo !!

Kalau untuk jualan, bolehlah cari tau seberapa banyak pengawetnya. Pengawet itu perlu supaya makanan layak dikonsumsi dan tidak menyebabkan customer jatuh sakit. Tapi gunakan dalam jumlah seharusnya ya.

Tidak perlu lebih lama lagi...yuk simak resepnya.
Bahan bahan :
Direbus supaya tidak langu :
- Onion / bawang merah
- Bawang putih
- Cabai
- Tomat
Bahan lain :
- Daun jeruk
- Terasi
- Gula jawa / gula pasir / brown sugar / palm sugar
- Lengkuas
- Bay leaves / salam
- Garam
_ Penyedap, optional
- Air asam
Cara membuat :
1. Rebus bahan bahan yang harus direbus sebentar saja 1 - 2 menit, tiriskan.
2. Haluskan, boleh diulek atau blender
3. Siapkan wajan cukup besar, panaskan minyak.
4. Masukkan bahan yg sudah dihaluskan atau diulek, goreng sampai harum.
5. Masukkan semua bahan bahan lain dan masak sampai matang dan agak gelap warnanya.

Comments