Lapis sagu / Kue Pepe / Lapis tapioca

Lapis sagu, makanan atau jajanan ini benar benar penuh memory. Jaman saya kecil, pagi pagi mama akan antar ke sekolah. Tapi kadang kadang hanya bapak becak yang jemput dan akan berhenti di tempat tante yang jual sarapan pagi atau lebih tepatnya jajanan snack pagi hari. Semua masih hangat dan beraneka macam. Favorite saya ?? Banyaklah....tiap pagi pasti memilih yang berbeda. Nasi uduk dengan sambal kacangnya yang waaaah...kue pepe yang kenyal kenyal, saya lebih milih kue pepe daripad kue lapis beras karena kenyalnya. Tapi jangan salah lapis berasnya pun enak lo. Ada gabin ragout, pastel, risoles, kroket...etc...etc...

Saya memutuskan untuk membuat blog resep ini karena sekarang ini saya tinggal di USA atau United States of America atau America saja.
Terkadang ada rasa craving untuk makanan makanan yang saya nikmati pada saat tumbuh dewasa. Dan saya yakin saya tidak sendirian. Untuk yang tinggal di Philadephia, Pennsylvania mungkin tidak perlu ya...disana surga jajanan Indonesia.

Jadi resep resep di blog ini, adalah resep resep biasa tapi bahan bahan nya saya gunakan yang saya bisa temukan di America.
Yang di Indonesia gimana ? Pasti bisa bikinlah, lebih gampang malahan.

Kita mulai resep dengan kue pepe ini dulu ya.
Oya, ada video untuk lebih jelas untuk step by step nya.

Bahan bahan :
- 300 ml santan
- 180 gr gula
- 260 ml air panas mendidih
- 200 gr tapioca starch
- 20 gr tepung beras
- Vanilla
- Pewarna makanan
Cara membuat :
1. Campur gula dan santan hingga larut
2. Masukkan tepung tapioca dan tepung beras, aduk hingga licin
3. Tambahkan air panas sambil diaduk, masukkan vanilla.
4. Bagi sama banyak dan beri pewarna
5. Panaskan kukusan hingga benar benar panas, siapkan cetakan yg dioles minyak.
6. Masukkan adonan lapis pertama, kukus 5 menit
7. Sebelum melapis yang kedua tunggu kira2 1 menit....tuang adonan, ukus lagi 5 menit. Begitu seterusnya hingga adonan habis.
8. Tunggu dingin baru keluarkan dari cetakan dan potong potong




Comments